SMP 1 JATI KUDUS

KOMUNITAS ONLINE

Meraih Prestasi Gemilang, SMP 1 Jati Kudus

Meraih Prestasi Gemilang, SMP 1 Jati Kudus
-Satu-satunya SMP Negeri di Kudus, Jawa Tengah, yang Luluskan Siswa 100%-

Bukan sebuah kebetulan kalau SMP 1 Jati Kudus, kali ini, dalam ujian nasional (unas) 2010, meluluskan 100% siswanya, yang sejumlah 279. Dan, yang menakjubkan adalah SMP 1 Jati Kudus satu-satunya SMP Negeri di Kudus, Jawa tengah, yang memuluskan siswanya 100%. Dikatakan bukan sebuah kebetulan karena jauh-jauh hari memang telah dipersiapkan secara mendalam. "Kami memang telah mempersiapkan intelektual dan mental anak secara disiplin dan terprogram demi menyongsong unas 2010 ini," kata kepala sekolah, Marjono, yang cukup familiar itu.

Persiapan penguasaan materi pelajaran yang diunaskan ditempuh dengan beberapa strategi. Di samping try out, les tambahan yang diberikan tak hanya sekadar dilakukan seperti les pada umumnya. Sekolah memang meramu strategi yang dipandang efektif, semisal ada les kelas akselerasi dan disparitas. Strategi ini ditempuh tak hanya untuk memilah siswa yang lebih pandai dikelompokkan menjadi satu, sementara yang kurang pandai dikelompokkan menjadi satu, tetapi justru mencari ”titik temu” yang berbeda di antara mereka sehingga mereka memiliki ”satu” kemampuan kuat yang kurang lebih sama.

Dan, jelas ini dibutuhkan kerja keras secara bersama-sama berbagai pihak. Tak hanya kepala sekolah, guru, karyawan, tetapi juga para siswa dan orangtua/wali murid, bahkan masyarakat secara umum. Keterlibatan semua pihak itulah yang membawa SMP 1 Jati Kudus dapat meraih prestasi gemilang di unas 2010 ini. ”Kami merasa bangga dengan perolehan hasil unas SMP 1 Jati Kudus kali ini. Tak sia-sia kami men-suport anak-anak dalam belajar,” kata salah seorang wali murid kelas IX, seusai menerima hasil unas anaknya.

SMP yang berada di pinggiran kota Kudus itu, ternyata mampu memiliki prestasi yang tak kalah dengan SMP yang berada di (tengah) kota. Sebab, ternyata, beberapa SMP negeri yang berada di wilayah (tengah) Kota Kudus masih memiliki siswa yang belum lulus. Padahal, sekolah-sekolah tersebut, selama ini, menjadi sekolah yang difavoritkan oleh banyak orang. Kebelumlulusan para siswa di tiap-tiap sekolah bervariatif dari sisi jumlahnya.

Ada beberapa sekolah swasta di Kudus yang menyamai SMP 1 Jati Kudus dalam meluluskan 100% siswanya. Di antaranya adalah SMP Masehi Kudus, SMP Katolik Kudus, SMP PGRI Jati Kudus, dan SMP Al Islam. Seluruhnya ada sebelas sekolah, baik negeri maupun swasta. Selamat dan sukses!

0 komentar:

Posting Komentar